Cara Memilih Meja Makan Yang Baik - Tips Furniture Rumah

Salah satu furnitur yang cukup penting di dalam rumah ialah meja makan. Di sinilah, semua keluarga dapat merasakan lezatnya kuliner rumah sekalian berkumpul, bersantai dan membicarakan topik-topik ringan. Untuk itu, pemilihan meja makan yang ideal perlu jadi perhatian bila Anda berencana membelinya dalam waktu dekat ini. Menetapkan meja makan tidaklah terlalu susah, cuma saja ada sebagian hal yang semestinya Anda cermati.



Material

Sekiranya berkeinginan meja makan yang terbuat dari kayu, pilihlah material kayu keras murni (hardwood) seperti mahogany, walnut, maple, oak atau jati. Jangan yang bersifat komposit atau gabungan, umpamanya MDF (Medium Density Fiberboard). MDF yakni material dari campuran kayu keras dan halus yang dikompres menjadi wujud papan. Padahal bendung lama, namun tidak sekuat dan sekokoh ragam hardwood. Mungkin harganya akan sedikit lebih mahal, melainkan kalau yang Anda cari merupakan meja makan yang bendung lama sampai berpuluh-puluh tahun, lebih bagus memilih hardwood. Sementara bagi Anda yang kurang menyenangi meja kayu, pilihlah dari bahan metal atau marmer.



Ukur Luas Ruangan

Amat penting untuk menilai apakah meja makan layak untuk luas ruangan Anda, terlebih kalau ruang makan berukuran kecil. Jangan hingga meja terlalu besar untuk ruangan sempit, atau terlalu kecil untuk ruangan luas. Meja berbentuk persegi panjang yang ditempatkan di ruang sempit akan dengan kencang memakan ruangan dan membuatnya tampak sempit. Satu hal yang penting, Anda seharusnya dapat berjalan dan bergerak di antara meja dan tempat duduk.



Wujud Meja

Ada sebagian regulasi dalam memastikan desain meja makan yang pantas dengan ruangan tertentu. Untuk ruangan kecil, pilihlah meja berbentuk oval supaya tersedia ruang kosong dan tak membikin ruangan nampak terlalu ramai. Meja wujud bujur kandang lebih sesuai untuk ruangan sempit, sementara persegi panjang sebaiknya ditempatkan pada ruangan yang luas. Meja bundar sebetulnya dapat ditempatkan di ruang berukuran apa saja, melainkan sebaiknya tak pada daerah yang sempit sebab akan mengatur ruang gerak.



Periksa Dimensi Meja

Kebanyakan meja makan mempunyai ketinggian standar antara 28-30 inci. Tinggi meja yang paling nyaman dapat memberi ruang yang cukup di atas lutut dan searah dengan siku tangan saat Anda duduk. Sementara lebarnya, bagus itu oval, bujur kandang, bundar atau persegi panjang mempunyai standar lebar 36 inci ke atas, tergantung jumlah orang. Sebagai model, meja oval dengan panjang 84 inci, dapat mengakomodasi sampai 10 orang.


Nah dengan anda memperhatikan cara  memilih meja makan yang benar maka anda jadi tahu bagaimana caara membeli meja makan yang baik dan benar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hal Yang Perlu Disiapkan Sebelum Liburan

4 Desain Simpel Mendekorasi Ruang Makan Modern

Cara Mudah Menempatkan Ranjang Tingkat Di Kamar Minimalis